Thursday, November 25, 2010

Pengguna Internet Tembus 2 Miliar

Pengguna Internet Tembus 2 Miliar Jumlah pengguna Internet akan melampaui dua miliar tahun ini, mendekati sepertiga dari penduduk dunia. Namun negara-negara berkembang perlu meningkatkan akses ke alat vital untuk pertumbuhan ekonomi. 


Demikian disampaikan oleh International Telecommunication Union (ITU), sebuah lembaga PBB, Selasa (19/10). 



Jumlah pengguna Internet melonjak dua kali lipat dalam lima tahun terakhir. Jika dibandingkan dengan populasi global yang diperkirakan 6,9 miliar, pengguna internet di dunia mencapai sepertiga penduduk dunia. 



Dari 226 juta pengguna Internet baru tahun ini, 162 juta berasal dari negara-negara berkembang dimana tingkat pertumbuhannya lebih tinggi. 



Namun, pada akhir 2010, 71 persen populasi negara maju akan online dibandingkan dengan 21 persen populasi di negara-negara berkembang. Untuk itu, ITU mengatakan sangat penting bagi negara-negara berkembang untuk membuat jaringan berkecepatan tinggi. 



"Broadband adalah titik kritis berikutnya, benar-benar transformasi teknologi berikutnya," kata Sekretaris-Jenderal ITU Hamadoun Toure, Mali. 



"Terobosan ini dapat menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan, produktivitas dan mendukung daya saing ekonomi jangka panjang." 



Jika dilihat dari akses Internet, ternyata aksesnya bervariasi menurut wilayah. Sebanyak 65 persen orang online di Eropa, 55 persen di Amerika. "Bandingkan dengan 9,6 persen dari populasi di Afrika dan 21,9 persen di Asia/Pasifik," kata ITU. 



Akses Internet di sekolah-sekolah, di tempat kerja dan di tempat-tempat umum sangat penting untuk negara-negara berkembang, dimana hanya 13,5 persen orang memiliki Internet di rumah, dibanding 65 persen di negara maju. 



Sebuah studi pekan lalu oleh sebuah badan PBB menunjukkan bahwa ponsel adalah teknologi komunikasi yang jauh lebih penting bagi masyarakat di negara-negara berkembang yang miskin Internet, Reuters melaporkan.

1 komentar:

bisnis internet said...

kesempatan buat nyari peluang usaha dan rekan bisnis, gan...

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting