Sunday, February 13, 2011

Terapi Hormon Segarkan Perempuan Menopause

PENELITIAN terbaru menemukan penggunaan hormone replacement therapy (HRT)atau terapi sulih hormon diketahui mampu menstimulasi otak perempuan yang sudah menopause sehingga mereka merasa muda kembali. 

Temuan itu penting karena pascamenopause, sebagian besar perempuan mengalami penurunan rasa percaya diri lantaran tidak bisa lagi melayani suami mereka dengan baik. 

Sejumlah psikolog dari Durham University meneliti 62 perempuan berusia 46-71 tahun yang sudah menopause. Sebanyak 36 orang melakukan terapi, sedangkan sisanya tidak. Seluruh partisipan diminta menjalani uji koordinasi motorik guna mengetahui keseimbangan kerja otak kanan dan kiri. 

Hasilnya, HRT yang berfungsi menggantikan hormon estrogen yang jumlahnya menurun drastis akibat menopause ternyata ampuh membuat otak kanan dan kiri bekerja dengan baik. Aktivitas otak perempuan menopause yang melakukan terapi sulih hormon sama dengan mereka yang masih aktif memproduksi hormon seksual. 

"Hormon seksual berperan penting dalam mengubah cara kerja otak. Tidak hanya berdampak pada perilaku reproduksi, tapi juga fungsi-fungsi kognitif," jelas ketua peneliti Dr Markus Hausmann. [M-I]

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting