Monday, January 3, 2011

Waduh, Jajanan Anak masih Mengandung Formalin dan Boraks

Mayoritas pangan jajanan anak sekolah (PJAS) di sepanjang tahun 2010 masih mengandung bahan kimia berbahaya. Alhasil hampir setiap tahun masih ditemukan sejumlah anak sekolah, khususnya di level SD, mengalami keracunan makanan. 

Banyaknya PJAS mengadung bahan berbahaya tercermin dari hasil pengawasan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sampai Oktober 2010. 

Dari 1.845 sampel yang diuji, 563 makanan yang dijajakan di lingkungan sekolah di sejumlah kota besar di Indonesia terbukti tidak memenuhi syarat keamanan pangan. 

Rinciannya, 48 sampel (13,15%) diketemukan masih mengandung zat formalin, 130 sampel (35,62%) mengandung boraks, 49 (13,42%) bercampur dengan rhodamin B, 5 sampel mengandung methanil yellow, 11 sampel terdapat unsur benzoat berlebih, 15 sampel mengandung sakarin berlebih, 107 sampel mengandung siklamat. Selain itu, 191 sampel juga tidak memenuhi paramaeter uji cemaran mikroba, seperti terdapat bakteri Ecoli. 

"Jajanan anak mengandung bahan berbahaya masih cukup banyak. Ini mengundang keprihatinan kita, karena mereka adalah penerus harapan bangsa," ujar Kepala BPOM Kustantinah, pada acara Rapat Koordinasi Nasional di lingkungan BPOM, di Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/12). 

Boraks atau asam borat merupakan bahan bersifat antiseptik untuk pembuat detergen. Jika sampai tertelan, dapat bermuara pada terjadinya gangguan pencernaan, diare, sampai kerusakan ginjal dan kegagalan sistem sirkulasi. Bahan kimia ini sering digunakan dalam pembuatan baso, mie basah, dan kerupuk. 

Sedangkan formalin adalah bahan kimia untuk perekat kayu lapis dan desinfektan yang kadang digunakan untuk mengawetkan tahu dan mie basah, juga dapat mengakibatkan diare, sakit kepala, serta kerusakan hati, jantung dan otak. 

Sementara pewarna sintetis untuk tekstil rhodamin B, dan methanil yellow, sering digunakan dalam pembuatan saus, krupuk dan kue dapat mengakibatkan gangguan saluran cerna dan fungsi hati. [MI]

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting